Kamis, 09 Februari 2017

Nanda

Manfaat Tasbih Kayu Stigi Asli

kayu stigi Pelembang mungkin masih sedikit masyarakat yang mengenal dan pernah mendengar istilah kayu stigi. Kayu stigi merupakan jenis kayu yang bisa ditemui tumbuh pada pantai selatan Jawa. Jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang katanya sudah hampir punah. Kayu stigi sendiri memiliki nama lain santiki, suntugi, mentigi, ataupun mantiggi.

kayu stigiSelain berada di Indonesia, kayu stigi ini juga dapat ditemui di pesisir Asia selatan dan Asia Tenggara, seperti singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Sri Lanka, dan juga pesisir Australia bagian utara, serta kepulauan Pasifik, seperti Mikronesia, Fuji, Guam, Kaledonia. Selain itu phon stigi juga dapat ditemui di daerah Afrika TImur, seperti Maladewa dan Tanzania.

fungsi kayu stigi memiliiki tinggi pohon kurang lebih setinggi 4 meter dari permukaan tanah dengan batang yang berkelok – kelok dengan bercabangan yang terlihat tidak teratur.

Sebagai jenis kayu yang sudah hampir punah, maka sudah pasti kayu stigi ini masuk ke dalam salah satu komoditi yang dilindungi oleh pemerintah. Untuk memperolehnya tida bisa asalh tebang seperti pohon kebanyakan, tapi harus memiliki surat khusus dan tujuan tertentu yang jelas manfaatnya dan fungsi kayu stigi. Secara umum, jenis kayu stigi ini dapat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
Stigi Darat.

Pada umumnya stigi darat memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Berwarna hitam
  2. Tekstur kayu yang keras dan kasar
Stigi Laut. Pada umumnya, stigi laut memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
  1. Berwarna coklat tua
  2. Tumbuh di pesisir pantai
Kedua jenis kayu stigi tersebut sesuai dengan habitat tempat tinggalnya, yaitu darat dan laut. Walaupun demikian, kayu stigi merupakan jenis kayu yang mampu tumbuh pada dataran yang berpasir tanah yang padat, tanah yang tandus, tanah rawa, berkapur, maupun daerah pantai. Selain itu, masih ada banyak istilah – istilah lain yang menggambarkan jenis kayu stigi.

harga tasbih kayu stigi asli sendiri memiliki satu keunikan yang cukup menarik, yaitu batang kayunya yang dapat tenggelam di dalam air, walupun hanya secuil kecil saja. Kayu yang memiliki nama latin Pemphis Acidula ini memiliki kayu yang padat dan tidak berongga sehingga dapat tenggelam di dalam air laut sekalipun.

Apa saja Manfaat Kayu Stigi? Kayu stigi merupakan jenis kayu yang sering dicari oleh masyarakat Indonesia, maka dari itu saat ini kehidupannya sudah terancam punah dan sedang berada dalam perlindungan pemerintah Indonesia. Sebenarnya, mengapa kayu stigi ini banyak dicari orang? Apa saja manfaat dan khasiat dari kayu stigi ini?

Pada dasarnya, manfaat dan khasiat yang diperoleh dari kayu stigi ini adalah manfaat yang masih bersifat sugestif, mistis, supranatural dan sifatnya adalah metafisik, sehingga cukup sulit menentukan apakah benar kayu stigi ini memiliki manfaat untuk kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kayu stigi